Assalamu'alaykum...

Selamat Datang.... ^_^

Jumat, 18 November 2011

UAS Pun Berlalu


Rasanya baru kemarin kuinjakkan kaki di kampus tercinta ini. Tapi kini baru kusadari bahwa waktu berjalan lebih cepat dari yang kurasakan. Dua semester telah berlalu. Sisa dua semester lagi untuk terus diperjuangkan sebelum kembali ke kantor dan mengemban tugas demi tanah air dan bangsa.

Ya, histeria ujian menjadi warna tersendiri dalam dunia pendidikan. Begitu juga yang sempat kami rasakan. Ujian akhir semester 8 telah kami lewati dengan bercampur segala emosi. Ada rasa gelisah akibat kurangnya persiapan. Ada kebingungan karena perbedaan materi yang disampaikan dosen di kelas dan kelas sebelah. Ada rasa pusing karena banyaknya materi. Ada rasa tak karuan yang menjadikan semua kepanikan semakin sempurna.

Tapi setelah semua berlalu, ada kelegaan luar biasa. Bukan sekedar telah menunaikan tanggung jawab, melainkan telah memberikan usaha terbaik selama mengikuti ujian tersebut. What's the next? Berdo'a. Ya, selanjutnya berdo'a untuk hasil terbaik yang semoga akan diberikan oleh Allah Swt untuk kebaikan kita di dunia dan akhirat. Agar ilmu yang kita peroleh tak hanya sekedar mampir di otak kita, tapi mampu terekam dengan baik dan kelak bisa kita implementasikan demi kebaikan sesama. Aamiin...

Setelah kegalauan ujian berlalu, mahasiswa DIV pun dirundung kegalauan lainnya. Libur UAS yang sebelumnya terhembus kabar selama 1,5 bulan lamanya tiba-tiba hanya tersisa tiga minggu saja. Sebagian besar mahasiswa telah mengatur jadwal liburan. Dan setelah keputusan final mengenai libur tiga minggu tersebut, banyak yang mengubah keputusan. Ada yang terpaksa mencancel jadwal liburan. Ada yang membagi rencana menjadi dua, libur UAS ini dan libur akhir tahun. Ada pula yang kemudian memilih tetap di rumah bersama keluarga.

Jika kita hanya melihat dari satu sisi, mungkin kita akan merasa banyak rugi dibanding untungnya. Tapi jika dilihat dari sisi lain, maka ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari sana. Manajemen waktu untuk liburan lebih teruji dalam hal ini. Selain itu, bagi yang memilih untuk di rumah, mereka punya waktu lebih bersama keluarga. Sedangkan yang membagi liburan menjadi dua rencana bisa lebih matang dalam mengatur liburan akhir tahunnya. Manfaat lain bagi seluruh mahasiswa D IV adalah bahwa waktu penyusunan skripsi di semester 10 nanti lebih longgar dan tidak terburu-buru. :)

Nah, setelah kita menyelesaikan kegalauan tentang liburan, yuk kita balik ke kegalauan utama tentang hasil UAS. Yuk, lebih banyak berdo'a agar hasil terbaiklah yang kita terima.
Semoga kita semua masih bisa bersua dan bersama-sama lagi di semester berikutnya. Kemudian berjuang bersama menyelesaikan tugas belajar ini hingga akhir dengan hasil terbaik pula. Allahumma aamiin...


Salam semangat untuk kawan-kawan semua... :)
Selamat menikmati liburan dan selamat berbagi kasih dengan keluarga tercinta... :)

(Di suatu pagi sedikit mendung,
Cenderawasih 8, Jum'at 18 November 2011)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar