Assalamu'alaykum...

Selamat Datang.... ^_^

Kamis, 20 Oktober 2011

Perbaiki Manajemen Waktu, Yuk! ^-^


Manajemen waktu. Hal tersebut telah sering diperdengungkan di sekeliling kita. Banyak materi yang mengungkap ataupun menyingkap tentang manajemen waktu itu sendiri. Lalu apakah pelaksanaannya telah sedemikian mudah seperti yang kita bayangkan?

Mengatur jadwal ini, itu dan yang lainnya seakan mudah sekali di bayangan kita. Tapi terkadang ketika ada perubahan yang mengakibatkan benturan dengan jadwal lainnya semua jadi berantakan.

Pernah mengalaminya? Sering, mungkin.hehe

Demikian juga yang saya alami beberapa waktu lalu. Setelah sekian lama dibuai dengan kenyamanan dimana waktu istirahat cukup dan asupan gizi terkontrol tiba-tiba saya dihadapkan dengan kesibukan yang cukup menyita sebagian besar waktu saya. Tentu saya tak akan menyesali dalam hal ini. Karena semua kesibukan tersebut adalah pilihan saya sendiri dan saya tentu sudah mempertimbangkan konsekuensinya.

Beberapa hari lalu, saya sempat disibukkan dengan sebuah event di kampus. Kebetulan juga, saya sudah lama vakum dan tidak menjalani aktivitas tersebut. Terlebih ketika jadwal tersebut berbenturan dengan jadwal mengajar privat dan juga tes potensi di sebuah lembaga bimibingan belajar. Kelabakan? Pastinya. Maklum, sudah lama vakum sehingga sempat terkejut karena kesibukan yang mendadak. Tapi yang paling terkejut dalam hal ini adalah tubuh saya (fisik). Sempat mengalami drop dan sakit beberapa hari akibat kecapekan.

Dan selama saya sakit tersebut saya kembali merenungi tentang manajemen waktu saya yang ternyata memang masih sangat amburadul. Malu dech sama cermin. Secara, selama ini paling pinter dan bijak buat nasehatin orang tentang manajemen diri agar ga melalaikan kesehatan diri. Tapi yang terjadi malah diri sendiri yang ga keurus karena kesibukan tersebut, sakit dech.

Berawal dari hal tersebut, sekarang saya mencoba untuk me-reschedule lagi aktivitas saya. Mulai dari jadwal utama yaitu ibadah dan kuliah, kemudian waktu mengajar privat, waktu untuk berorganisasi, waktu untuk teman, waktu memanjakan diri dan waktu istirahat. Eh, satu lagi, jadwal makan agar asupan gizi tetap cukup dan badan tetap sehat. ^-^

Ternyata manajemen waktu memang ga semudah yang kita dengar, kawan. Butuh komitmen kuat dan semangat pantang menyerah untuk disiplin pada diri sendiri. Hasilnya tentu akan sangat berguna dan bermanfaat untuk diri sendiri dan lingkungan. Malu dong kalau janji masih sering diingkari. Malu dong kalau mau rapat masih sering telat. MAlu dong kalau tugas kuliah masih sering minjem teman karena kelupaan. Malu juga dong kalau sampai ibadah utama pada-Nya terbengkalai karena segala urusan duniawi yang fana.

Nah, biar ga makin malu, yuk sekali lagi kita intip jadwal harian kita dan cek apakah sudah tepat dan tidak mendholimi diri sendiri dan orang lain? ^-^

Yuk, perbaiki manajemen waktunya lagi! ^-^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar