Assalamu'alaykum...

Selamat Datang.... ^_^

Selasa, 04 Oktober 2011

"Mintalah PadaKu Niscaya Akan Kuberi"


Pernah merasa do'a tak terkabulkan? Pernah merasa bahwa Allah SWT tidak adil? Pernah merasa bahwa apa yang kita pinta selalu tertolak?

Appaaa???! Pernah?!!

Wah...wah... hati-hati ini. Jangan-jangan saat kita merasa demikian kondisi keimanan kita sedang terancam.

Kenapa?

Ya, karena kita berprasangka buruk kepada Allah SWT. Bukankah ketika kita beriman, artinya kita juga senantiasa yakin dan percaya pada apapun keputusanNya? Sekalipun itu tertolak atau tertundanya do'a dan pinta kita. Dan bukankah jika kita memiliki keyakinan demikian, maka berfikir positif itu adalah kawan seperjalanan. Satu paket dah kalau kata orang. :)

Nah, ketika kita merasa bahwa sudah berulang kali berdo'a untuk pinta yang sama tapi Allah SWT tak jua mengijabahkannya coba dech cek jangan-jangan memang dalam diri kita ada satu dari sepuluh penyebab tertolaknya do'a sebagaimana pernah disampaikan oleh Ibrahim bin Adham kepada penduduk Basrah sebagai berikut:

" Wahai penduduk Bashrah, penyebab tertolaknya doa kalian adalah karena sesungguhnya hati kalian telah mati. Matinya hati kalian itu dikarenakan 10 hal, lalu bagaimana Allah bisa mengabulkan permintaanmu ". Adapun 10 perkara yang menyebabkan hati mati, sehingga do'a tidak dikabulkan adalah sebagai berikut :

1. Kamu mengenal Allah tapi kamu tidak melaksanakan haknya.

2. Kamu suka membaca kitab Allah, tapi kamu tidak mengamalkannya.

3. Kamu mengetahui bahwa iblis itu musuh, tapi kamu mengikuti ajakannya.

4. Kamu mengatakan cinta kepada Rasul tapi kamu meninggalkan perbuatan dan jalan yang ditempuhnya.

5. Kamu menyatakan ingin masuk surga, tapi kamu tidak melakukan 'amalan ahli surga.

6. Kamu bilang takut akan siksa neraka, tapi kamu tidak henti-hentinya berbuat dosa.

7. Kamu meyakini bahwa kamatian itu hak, tapi kamu tidak melakukan persiapan untuknya.

8. Kamu selalu memperhatikan kesalahan orang lain, tapi kamu tidak mau memperhatikan kesalahan diri sendiri.

9. Kamu suka makan rezeki Allah, tapi kamu tidak bersyukur kepada-Nya.

10. Kamu suka mengubur orang-orang mati tapi kamu tidak mengambil pelajaran darinya.


Nah, coba kita bercermin sejenak. Adakah satu dari sepuluh penyebab kematian hati yang menjadi penghalang terkabulnya do'a tersebut dalam diri kita.

Kalau ga ada?

Subhanallah... Luar biasa ya kalau sampai kita tidak termasuk dalam salah satu dari sepuluh penyebab tertolaknya do'a tersebut. :)

Tapi jika ada, yuk segera introspeksi diri dan lakukan perbaikan sesegera mungkin. Jangan khawatir, Allah SWT itu Maha Penerima Taubat. Kemaksiatan yang membuat seorang hamba mendekat padaNya lebih dicintai daripada kemuliaan yang membuat seorang hamba sombong dan lupa bahwa semua penyebab kemuliaan tersebut berasal dariNya.

Kalau sudah tahu apa yang menjadi penyebab tertolaknya do'a trus bagaimana biar do'a cepat dikabulkan dan diijabahkan olehNya?

Tenang... Tenang... Seperti janjiNya bahwa ketika kita meminta pasti diberi. PASTI!!! Tolong diingat ya... Karena sebenarnya Allah itu Maha Pemalu. Allah malu jika ada seorang hamba meminta padaNya tapi tak diberi. Makanya apapun yang diminta seorang hamba pasti diberi.

Tak hanya itu lho, bahkan sebenarnya yang Allah berikan kepada kita tak sekedar yang diminta tapi yang terbaik dari apa yang kita minta. Bagaimana? Masih ragu akan kemurahanNya?

Selama iman masih bersemi indah di dalam hati, diiringi dengan segala tindakan yang membuatNya semakin ridho dan cinta pada kita maka tidak ada alasan bahwa do'a kita tidak terkabul. Karena yang tidak mengingatNya pun masih tak pernah luput dari rizqi dan nikmatNya apalagi kita yang berusaha untuk mengabadikan cinta kita padaNya.

So, jangan pernah takut dan khawatir bahwa do'a kita tidak akan terkabul. Yakinlah, do'a dan pinta kita PASTI dikabulkan dan diijabahkan. Hanya apakah sama seperti yang kita pinta atau justru lebih baik berlipat-lipat ganda dari apa yang kita pinta dan pada waktu yang tepat di luar dugaan kita, itu adalah hak prerogatifNya. :)


Nah, satu lagi. Memintalah dengan lembut dan penuh kerendahan diri padaNya. Jangan meminta dengan memaksa, menuntut dan penuh kesombongan karena Allah SWT sangat tak menyukai setitik pun kesombongan di hati makhlukNya. Bukankah yang paling berhak sombong hanya DIA yang Maha Kuasa? Bukan kita yang bahkan tak punya daya apa-apa?

Yuk, meminta dengan segenap cinta dan kerendahan hati serta suara lembut penuh kasih padaNya. :)


(Sedikit merenung atas sikap dan tindakan selama ini ketika meminta dan memohon padaNya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar