Assalamu'alaykum...

Selamat Datang.... ^_^

Senin, 26 Desember 2011

49 Days



Bagi para pecinta drama Korea tentunya tahu dong, drama yang satu ini. Ya, 49 Days yang dibintangi oleh Lee Yoo Won, Nam Gyu Ri, Jung Il Wo, Bae Soo Bin, dan Song Ji Hye. Kalau dilihat dari komposisi pemainnya, drama ini didominasi oleh artis senior. Jung Il Woo merupakan pemain pria termuda di jajaran pemain utamanya.

49 Days ini merupakan drama bergenre roman fantasi. Ada romantisme di dalam kisah fantasinya. Bagi penikmat drama Korea tentu tidak akan terkejut jika sebelumnya telah menikmati drama yang bergenre serupa, "My Girl Friend Is Gumiho". Kali ini, drama 49 Days berkisah tentang Ji Hyun yang sebenarnya sudah mati tapi masih belum terdaftar untuk mati, begitulah kata Song Yi Soo, sang malaikat maut yang baru saja menjabat selama lima tahun. Sehingga dia diberi kesempatan untuk bisa kembali menikmati kehidupan sebagai manusia. Syaratnya adalah mengumpulkan airmata tiga orang yang mencintainya dengan tulus.

Awalnya Ji Hyun menyangka bahwa semua akan mudah selama dia memiliki ayah, ibu dan tunangannya, Min Ho. Ternyata Yi Soo menyatakan bahwa tiga airmata murni itu selain ayah dan ibunya. Tadinya Ji Hyun merasa semua akan mudah karena dia mempunyai tunangan dan sahabat-sahabatnya. Ternyata semua tak semudah yang dia duga. Setelah memasuki tubuh Song Yi Kyung, Ji Hyun bekerja di restoran teman SMA-nya. Dan perlahan, seiring berjalannya waktu, Ji Hyun menyadari ada pengkhianatan diantara sahabatnya, In Jung dan tunangannya, Min Ho. Sejak saat itu dia merasa bahwa perjalanan mendapatkan tiga airmata murni akan lebih sulit dari dugaaanya.



Nah, sekilas dari cerita tersebut sudah kelihatan kan bahwa drama ini erat kaitannya dengan hal-hal mistis. 49 Days memang merupakan drama yang mengeksplorasi tentang nasib, eksorsisme, topik spiritual, reinkarnasi dan karma. 49 Days ini terilhami dunia klenik masyarakat Korea yang meyakini bahwa biasanya terdapat pengembaraan selama 49 hari di bumi sebelum melanjutkan ke kehidupan selanjutnya. Sehingga jika diperhatikan kembali tentang kisah 49 Days ini maka referensi yang relevan adalah Buddha, dimana merupakan kepercayaan mayoritas masyarakat Korea. Tapi jika diperhatikan kembali, tiga hal terkait dengan airmata murni, pengampunan dan cinta sejati tersebut mengingatkan kita pada konsep Trinitas agama Kristen.

Kalau menikmati drama ini, tidak membosankan ya. Selain dari pemainnya yang cantik dan ganteng, muda, penuh semangat dan penuh daya tarik, tapi kisahnya juga tidak monoton. Entah kenapa, kita sering menikmati drama produk luar negeri meskipun temanya tidak jauh berbeda dengan drama alias sinetron di negeri sendiri. Di negeri sendiri sebenarnya sering mengeksplorasi tema-tema serupa, tapi sayangnya seringkali di negeri kita ini tidak bisa menampilkan dengan menarik. Lebih sering justru mengedapankan klenik atau mistisnya dan justru semakin membosankan.

Ternyata tema setidak masuk akal seperti apapun tetap menarik jika dikemas dengan bagus ya. Tentu tidak lupa dengan Harry Potter yang sangat sukses di pasaran, padahal idenya berawal dari imajinasi yang tidak masuk akal. Demikian juga tentang Lord of The Ring, Twilight, Eclipse, dll. Kemasan saat ini ternyata lebih mendominasi untuk menentukan pilihan ya... :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar