Assalamu'alaykum...

Selamat Datang.... ^_^

Rabu, 28 Desember 2011

Trend 2011



Kalau di postingan sebelumnya aku flashback untuk diriku sendiri, kali ini aku akan flashback tentang seputar trend di 2011 ini. Apa aja ya kira-kira yang sempat jadi trend di tahun 2011 ini? Berikut dari pengamatan dan sebatas pengetahuanku, kalau ada yang mau nambahin nantinya akan dipersilakan... :)

Trend Warna Kosmetik Indonesia

Trend warna untuk kosmetik di Indonesia dihadirkan salah satunya oleh Sari Ayu dengan mengangkat tema The Colours Of Asia. Sari Ayu terinspirasi dari keunikan ragam budaya Indonesia yang merupakan paduan budaya negeri dengan budaya Asia, seperti, Tiongkok, India, Timur Tengah, dan Melayu. Keragaman warna budaya dan alam Indonesia yang eksotik ini tersirat pula pada keragaman laut di Indonesia.



Karena itu, pada 2011 Sariayu mendukung program WWF dalam melestarikan biodiversity kelautan Indonesia, dengan menyisihkan Rp 500 dari setiap pembelian produk Sariayu Trend Warna 2011.

Sari Ayu sendiri membagi trend warna 2011 ini dalam beberapa kategori jenis koleksi, yaitu:

1. Koleksi Dengdang Rebana

Tabuhan rebana yang ramai dan dinamis kerap terdengar di beberapa daerah Indonesia. Misalnya Jakarta lewat kesenian marawis, tanjidor, samrah, dan palang pintu, tak lengkap tanpa kehadiran alat musik berbentuk bulat yang dilapisi oleh kulit kambing atau sapi ini.

Rebana mengingatkan pada budaya Timur Tengah yang dikenal dengan kecantikan kaum wanita di sana. Bermata bulat, berkulit putih kekuningan serta rambut hitam tergerai indah. Cantiknya nuansa Timur Tengah ini terbias melalui rangkaian warna hitam, pink, dan hijau.

2. Koleksi Petikan Sintar
Budaya India yang erat dengan agama Hindu pun memengaruhi keberadaan alat musik petik ini di berbagai belahan bumi Indonesia. Misalnya, sasando dari Timor dan sampek di Kalimantan.

Alat musik khas India yang memberikan pengaruh besar pada perkembangan alat musik petik ini adalah sitar. Bentuknya mirip gitar, namun lebih klasik dan khas bunyinya.

Kecantikan inspirasi India ini tecermin dalam warna cokelat tua, krem, dan cokelat.

3. Koleksi Alun Serunai
Seindah namanya, serunai dikenal berasal dari tanah Minang. Tak hanya di sana, serunai berkembang pesat di negara Melayu, seperti, Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam.

Serunai merupakan alat musik tertua di dunia. Awalnya digunakan oleh balatentara zaman Mesir kuno.

Warna jingga, hitam kehijauan, dan kuning dari seri ini dipilih selaras untuk warna kulit kuning langsat khas Melayu.

4. Koleksi Denting Kecapi

Alat musik petik kecapi merupakan salah satu yang khas dari Cirebon. Awalnya, kecapi datang dari dataran Tiongkok sejak berabad-abad lalu.

Salah satu legenda yang tersimpan dalam masuknya alat musik Kecapi ke Indonesia adalah melalui Puteri Ong Tin.

Putri Kaisar Tiongkok yang menikah dengan Sunan Gunung Jati. Disinyalir, putri cantik itulah yang memperkenalkan kecapi ke Cirebon, sehingga kemudian kecapi dikenal sebagai alat musik khas Jawa Barat.

Kecantikan oriental dengan bentuk mata yang khas serta warna kulit putih bersemu pink ini yang kemudian diwakili dengan warna ungu, marun, dan soft pink.

Korean Wave

Korean wave sepertinya benar-benar mempengaruhi trend 2011. Kenapa? Kita bisa melihatnya dari drama-drama Korea yang memenuhi layar kaca. Banyak sekali drama Korea yang diputar di stasiun-stasiun TV. Indosiar misalnya, mulai jam 12 siang hingga jam 6 sore sudah disuguhi tiga drama Korea yang berbeda. Dan menjelang tengah malam juga ada drama Korea yang berbeda lagi. Di B Tv juga memutar drama Korea, mulai dari Princess Hour dan juga Prince Hour.



Selain drama, K-Pop juga memberi efek besar dalam trend musik 2011 di negeri ini. Bermunculannya Boy/Girlband Indonesia yang berkiblat pada bintang-bintang K-Pop. Dan membanjirnya lagu-lagu Korea di negeri kita. Kita bisa melihat dari beberapa acara musik Korea yang diadakan di Indonesia, mulai dari KIMCHI dan juga konser beberapa boyband asal Korea ini.







Pengaruhnya ga sekedar di dunia hiburan saja tapi juga fashion dan hair style. Kita bisa dengan mudah menemukan model fashion yang mirip atau bahkan sama dengan model pakaian yang sedang hangat di Korea. Dan model rambut ala selebritas Korea juga makin marak... :)

Fashion Muslimah

Trend 2011 tidak hanya dipengaruhi oleh Korean Wave semata. Buktinya pengaruh Timur Tengah dalam model pakaian muslimah juga membanjir di seantero negeri. Mulai dari gamis yang semakin penuh dengan kreasi, jilbab dan pashmina dengan berbagai bahan dan model. Juga Kaftan yang sempat booming karena Syahrini. Baju muslimah di tahun 2011 ini juga didominasi bling-bling ya... Ada pernak-pernik yang berkilau-kilau, mulai dari bross, kalung, gelang, cincin, dan asesoris lainnya.

Di Indonesia sendiri trend baju muslimah di dominasi oleh karya-karya Dian Pelangi yang di perkenalkan oleh Hijaber Community. Selain itu model Hoodie juga sempat booming di tahun ini.

Beberapa contoh gambarnya adalah berikut:













Kebaya

Untuk kebaya sendiri, sempat booming kebaya Kiki Amalia. Di tahun 2011 ini sendiri bermuculan kebaya modern yang semakin modis dan ga kalah dengan busana rancangan desainer papan atas di Internasional. Terlebih ketika negeri kita mulai ada gerakan cinta batik ya sehingga kebaya dan batik semakin menyatu dan terus diinovasi lagi agar semakin menjadi pilihan utama masyarakat.






Tentang fashion, kuakui kalau bukan ahli di bidang ini. Hanya sekedar sedikit berkomentar tentang trend selama 2011 ini saja. Mohon maaf jika ada kekeliruan dan kesalahan atau mungkin hanya komentar yang membosankan.

Next, Another Trend

Hal lain yang sempat nge-trend adalah ungkapan-ungkapan yang terlontar dari lisan Syahrini. Selain Kaftan, tentunya tidak lupa dong dengan trend "SESUATU" dan "ALHAMDULILLAH YAH" yang kemudian sering ditirukan oleh beberapa kalangan masyarakat. Kemudian juga muncul istilah bulu mata anti badai, jambul katulistiwa dan bulu mata antiseptic.

Selain Syahrini, maka trend lagu "Kemana...kemana...kemana" yang dibawakan Ayu Ting-Ting juga ga ketinggalan. Penyanyi dangdut yang naik daun dan langsung laku di pasaran tidak hanya sebagai penyanyi tapi juga MC ini sempat menjadi sorotan pengalih dari pemberitaan Syahrini. :)

Sekian dulu deh pembahasannya... Jika ada yang mau nambahin boleh-boleh saja...hehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar