Assalamu'alaykum...

Selamat Datang.... ^_^

Senin, 11 April 2011

Ilmu vs Harta (Kultwit Gurunda Salim A. Fillah)

Bismillah...

Wah, saya rupanya ketinggalan nih. Ternyata tadi pagi Gurunda Salim A. Fillah berbagi melalui Kultwit tentang #ilmu dan #harta. Tapi saya rasa ga ada kata terlambat kan untuk belajar. Yuk kita simak kultwit beliau... :)

1. Shalih(in+at), mari mengawali Senin pagi yang diberkahi dengan semangat untuk mengalihbentuk sebagian kekayaan, dari #harta menuju #Ilmu.

2. Sebab keutamaan #Ilmu di atas #harta, telah disebutkan 'Ali ibn Abi Thalib dengan begitu indahnya. Mari kita sebut & tambahkan beberapa.

3. #Ilmu afdhal daripada #harta, sebab ia warisan Rasul & Anbiya', sementara emas-perak-permata, dilungsurkan Fir'aun, Qarun, & raja-raja.

4. #Ilmu lebih utama dibanding #harta, sebab ilmu menjaga pemiliknya, sementara pemilik harta bersusah payah menjaga kekayaannya.

5. #Ilmu lebih hebat daripada #harta. Jika ilmu menguasai harta, jadi mulialah keduanya. Jika harta menguasai ilmu, kan terhinalah keduanya.

6. #Ilmu lebih agung dibanding #harta, sebab kekayaan akan berkurang jika dibelanjakan, sementara pengetahuan bertambah jika dibagi-bagi.

7. #Ilmu lebih setia daripada #harta. Ilmu menyertai pemiliknya menuju kematian & kebangkitan. Tapi harta tak mau serta & tetap di dunia.

8. Pemilik #Ilmu terhormat & dibutuhkan semua insan; dari jelata hingga para raja. #Harta hanya berguna, di hadapan hajat faqir & miskin.

9. Bagi pemilik #harta, alangkah banyak musuh yang jahat & kawan tak tulus. Sementara pemilik #Ilmu, akan banyak saudara & sedikit lawannya.

10. Pemilik #harta hanya digelari yang baik-baik jika membagi kekayaannya. Pemilik #Ilmu, digelari yang baik-baik sejak berburu pengetahuan.

11. Tamak terhadap #Ilmu, membuat mulia di depan guru, kawan, & lawan. Tamak terhadap #harta, menjijikkan di mata orang miskin maupun kaya.

12. Di akhirat kelak, pemilik #harta akan rumit urusan sebab berbelitnya hisab, sementara pemilik #Ilmu akan mendapat kemudahan & syafa'at.

13. Keagungan pemilik #harta ada pada kekayaan yang terletak di luar dirinya. Kemuliaan pemilik #Ilmu ada pada pengetahuan yang menyatu.

14. Musuh #Musa yang ber-#harta; Fir'aun, jatuh karena sombong-mengaku tuhan. Kawan Musa yang ber-#Ilmu; Khidzir, rendah hati-mengaku hamba.

15. Semua ibadah & ketaatan pada Allah, dilakukan dengan #Ilmu. Tapi umumnya kemaksiatan keji & munkar, dilakukan dengan #harta.

16. Sulit menemukan kemaksiatan yang ditujukan untuk memperoleh #Ilmu. Bertabur banyaknya kedurhakaan yang ditujukan untuk mendapat #harta.

17. #Harta membawa kesedihan sebelum mendapatkannya, memberi ketakutan setelah memperolehnya. #Ilmu itu kegembiraan & keamanan, kapanpun.

18. Mencintai #Ilmu, punya maupun tidak, adalah mataair kebajikan. Mencintai #harta, baik memilikinya ataupun papa, adalah sumber keburukan.

19. Adam diciptakan, lalu dia dibekali #Ilmu -bukan #harta-, yang membuatnya unggul di hadapan para malaikat. (QS 2: 31-34)

20. Rabb menurunkah wahyu pertama terkait #Ilmu (QS 96: 1-5). Allah memerintahkan Dia ditauhidkan dengan ilmu (QS 47: 19). Bukan #harta.

21. #Harta hanya bisa mulia & membawa ke surga jika dibersamai #Ilmu. Ilmu tak harus disertai harta untuk itu. (Simpulan, HR Ath Thabrani)

22. Orang ber-#harta & ber-#ilmu yang berinfaq, pahala-nya SAMA DENGAN orang berilmu yang baru bercita untuk itu. (Simpulan HR Ath Thabrani)

23. #Ilmu #harta. HR Ath Thabrani yang tersimpul di nomor 21-22, berbunyi sbb: ~>

24. "Terbagi hamba-hamba Allah itu menjadi 4 golongan. Golongan pertama, dikaruniai Allah #Ilmu & #harta. Maka dia bertaqwa kepada Allah...

25. ...Dan menafkahkan hartanya di jalan Allah. Golongan kedua; diberi Allah #Ilmu, namun tak dilimpahi #harta. Maka dia bertaqwa padaNya...

26. ...& selalu berkata pada dirinya, "Andai dikarunia seperti hamba pertama, aku akan berbuat sebagaimana yang dia lakukan"... #Harta #Ilmu

27. ...Sesungguhnya pahala kedua orang ini SAMA. Hamba ketiga; diberi #harta tanpa beroleh #Ilmu. Maka dia tak bertaqwa padaNya, berbuat...

28. ...sia-sia & dosa. Hamba keempat, tak ber-#harta & tak ber-#ilmu, maka dia tak bertaqwa & selalu berkata pada dirinya; "Andai aku...

29. ...diberi harta seperti hamba ke-3, aku juga akan melakukan hal sia & kemaksiatan seperti dia." Dosa kedua orang ini SAMA." #Ilmu #harta

30. Demikian sekelumit di pagi ini. Sungguh Salim tak hendak mengajak benci #harta; tapi mari sedikit-banyak mengalihbentuknya jadi #Ilmu :)

Pagi ini, mari menjadi ahli #Ilmu; yang bisa bedakan nasehat dengan ghibah, yang bisa memilah antara melakukan perbaikan dengan olok-olok:)

Pagi ini mari menjadi ahli #Ilmu; yang tetap baik saat semua insan telah ragu apa itu kebaikan. Pemburu kebenaran, bukan pencari pembenaran.

Subhanallah... Sungguh ilmu bertebaran di sekeliling kita. Mari kita berlomba untuk menangkap ilmu dan nikmat yang bertebaran di sekeliling kita. Lalu kita berbagi darinya. Seperti halnya Dalam Dekapan Ukhuwah, mengambil cinta di langit dan menebarnya di bumi.

Semoga bermanfaat sahabat... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar