Assalamu'alaykum...

Selamat Datang.... ^_^

Jumat, 08 April 2011

Ulul Albab (Kultwit Gurunda Salim A. Fillah)

Bismillah...

Sahabat, jangan bosan ya.. :)

Kali ini saya akan berbagi lagi tentang ilmu dan pengetahuan yang baru dan insyaAllah bermanfaat. Kali ini Gurunda Salim A. Fillah membahas dalam kultwitnya tentang #UlulAlbab. Mau tahu seperti apa ulasannya? Silakan disimak:

Shalih(in+at), ada sekelompok insan yang berulang kali dipuji Allah dalam Al Quran. Mereka adalah #UlulAlbab. Kita simak tentang mereka ya;)

1. #UlulAlbab beriman kepada Allah. Dalam iman itu, mereka takut akan 'adzab Allah yang menimpa kaum pendurhaka. (QS 65: 8-10)

2. Bagi #UlulAlbab, rasa takut itu menjaga mereka agar tak jatuh dalam murkaNya. Al Quran turun, senantiasa menjadi pengingat bagi mereka.

3. #UlulAlbab bersemangat menyimak sejarah & kisah masa lalu. Mereka menjadikannya pelajaran penting bagi hari-hari di hadapan. (QS 12: 111)

4. Cerita sejati nan diambil 'ibrahnya oleh #UlulAlbab; membenarkan hikmah terdahulu, menjelaskan segala sesuatu, menjadi petunjuk & rahmat.

5. Maka #UlulAlbab selalu menemukan jalan mulia di tiap sempit musibah yang menekuknya maupun kelapangan nikmat yang mengulur jangkauannya.

6. #UlulAlbab belajar dari Adam & Hawa; dari kecemerlangannya, ketergelincirannya, taubatnya, & hari-hari awalnya di bumi yang tak mudah.

7. #UlulAlbab belajar dari Nuh, Hud, Shalih, & Luth; keteguhannya, pengabdiannya, da'wah siang malamnya, cintanya, tangisnya, kepasrahannya

8. #UlulAlbab belajar dari Ibrahim-Ismail-Ishaq-Hajar-Sarah; ketabahannya, ujian dahsyatnya, kebapakannya, kemanusiannya, penataan cintanya.

9. #UlulAlbab belajar kuasa & kekayaan di jalan raya Sulaiman, belajar sempit & sakit di pematang-pematang Ayyub. Belajar gagal pada Yunus.

10. Pada Yusuf #UlulAlbab belajar didengki sebab punya banyak kelebihan, digoda sebab memiliki keunggulan, rela dipenjara tuk jaga kesucian.

11. Pada Asiyah #UlulAlbab belajar pertahankan iman di sisi kedurjanaan, pada Maryam ia dapati jaga kesucian buahkan nikmat sekaligus ujian.

12. #UlulAlbab belajar dari Ya'qub tentang keayahan, dari Yusuf memaafkan, dari Musa kepemimpinan yang pelik; musuh jumawa-anak buah degil.

13. #UlulAlbab ambil 'ibrah dari semua bentang kisah & sejarah, melangkah dalam hidayah, menuju arah yang cerah, meski kadang rasa gerah.

14. #UlulAlbab itu ahli dzikir & ahli tafakkur. Penciptaan langit bumi & silih bergantinya siang-malam membuatnya merenung. (QS 3: 190-191)

15. Dalam berdiri, duduk, maupun berbaringnya, #UlulAlbab tak lepas dari asma Sang Pencipta, menggetar hatinya, mengalun pada alir darahnya.

16. Jernih fikir sang #UlulAlbab tentang segala ciptaanNya; tiada yang sia-sia sebab dibaca dalam namaNya, didayaguna tuk maslahat semesta.

17. #UlulAlbab adalah juga dia yang terus berburu tuk beroleh karunia nan baik, banyak & berharga dari sisi Allah, yakni hikmah. (QS 2: 269)

18. Hikmah itu membuat #UlulAlbab memahami jalan kebenaran, arah ke keridhaan, langkah penuh bimbingan, Quran & Sunnah yang jadi pegangan.

19. #UlulAlbab ialah jua mereka yang mendalam ilmunya, hingga tahu batas memahami dalam iman, tak memaksakan diri, tak menghakimi. (QS 3: 7)

20. Saat orang yang dalam hatinya ada kecenderungan sesat merumit-rumitkan ayat mutasyabihaat, #UlulAlbab sadar mengaku keterbatasan ilmu.

21. Dalam iman #UlulAlbab mengerti, semua adalah kata-kata Tuhan yang mulia, penuh tawadhu' dia mohon tambahan pemahaman & kekuatan beramal.

22. #UlulAlbab itu mereka yang selalu memperkokoh pemahaman tauhidnya; bahwa Ilah-nya itu Allah yang Satu, tiada putra & sekutu. (QS 14: 52)

23. #UlulAlbab memahami Quran sebagai penjelasan sempurna yang menerangi, peringatan paripurna yang menjaga diri, & tauhid tanpa kompromi.

24. #UlulAlbab itu beruntung; diselamatkan Allah dari sengkarutnya yang baik-suci dengan yang kotor-keji; berkat taqwa terjaga. (QS 5: 100)

25. #UlulAlbab tahu; tidaklah sama antara yang thayyib , dengan yang khabits , meskipun banyaknya memukau.

26. #UlulAlbab menjaga taqwanya, maka Allah karuniakan furqan; pembeda yang haq dari bathil, yang suci dari nista, yang terpuji dari cela.

27. #UlulAlbab sungguh tekun menyimak warta-warta & apa yang dikatakan sesama, namun memilih tuk hanya ikuti yang terbaiknya. (QS 39: 18)

28. Sungguh sabar sang #UlulAlbab menerima pengajaran yang mungkin berulangkali dia dengar, keluhan membosankan, atau olok-olok menyakitkan.

29. Tapi dalam yang didengarkan, si #UlulAlbab adalah tuan yang berkemuliaan; tak izinkan dirinya merasa jadi korban, rugi, atau terhinakan.

30. Sang #UlulAlbab memahami semua orang & kejadian sebagai pelajaran; diikutinya kalimat baik walau berat, dijalaninya nasehat walau pahit.

31. Berulangkali #UlulAlbab dipuji sebagai yang berilmu & berhikmat; tapi apa 'amalan khasnya? Ternyata mereka suka shalat malam. (QS 39: 9)

32. #UlulAlbab ialah dia yang sujud & berdiri di malam hari dengan geresau takut akan murkaNya, gerisik rindu pada rahmatNya, & getar cinta.



Semoga bermanfaat... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar